Rabu, 03 November 2010

Merapi BAkar 3 Rumah

Posted by Asep Komaru 20.06.00, under | No comments

TEMPO Interaktif, Sleman - Sebanyak tiga rumah di Dusun Jambu, Kepuharjo, Cangkringan Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, terbakar diterjang awan panas Gunung Merapi yang menyembur tanpa henti sejak siang, Rabu (3/11).

Rumah tersebut berada di kawasan rawan bencana III yang berjarak mencapai 7-8 kilometer dari puncak Merapi. Rumah yang menjadi korban itu adalah milik Ny Sudi, Sriyanto, yang merupakan anggota tim SAR Sleman dan rumah milik Woko.

“Ada tiga rumah yang diterjang awan panas,” kata Kepala Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan Heri Suprapto hari ini.

Ia mengatakan tidak ada korban jiwa, karena semua penghuninya sudah mengungsi sejak adanya erupsi 26 Oktober lalu. Tim SAR saat ini sedang menyisir dengan penuh kehati-hatian di lokasi. Sebab, zona rawan sudah diperluas dari 10 kilometer menjadi 15 kilometer.

Pemantauan gunung Merapi pun dilakukan dilakukan dari jarak di luar zona 15 kilometer.
Berdasarkan pantauan pengamatan Gunung Merapi, luncuran awan panas sudah sejajar dengan lapangan golf di kawasan Umbulharjo dan Kepuh, Kabupaten Sleman.

Bahkan pengamatan dari Magelang terpantau letusan merapi dengan ketinggian awan panas hingga 3.000 meter arah vertikal pada pukul 16.15 WIB.

Warga di sekitar Dusun Singklar, Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, sudah mencium bau belerang yang menyesakkan nafas. Pandangan tertutup kabut. Tim evakuasi dari kepolisian dengan menggunakan mobil Ranger dilengkapi lampu dan megaphone mengajak warga yang masih berada di lokasi rawan bencana agar segera turun.

“Semua harus turun, ada awan panas yang mengarah ke sisi selatan gunung,” kata polisi di mobil tersebut.

Warga mengaku sudah melihat kepulan material volkanik yang masih berasap di sekitar Kali Gendol. Dikabarkan, luncuran awan panas sudah sejajar dengan Merapi Golf Resort yang berjark sekitar 8 kilometer dari puncak.

0 komentar:

Posting Komentar

pengen AXIS gak usah RASIS

Powered By Blogger

Tags

Categories

Baca Juga Yang Lain

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...