Selasa, 02 November 2010

Dampak Letusan Krakatau

Posted by Asep Komaru 21.19.00, under , | No comments

PANDEGLANG, Saat browsing, mencari data tentang dampak Letusan Gunung Krakatau. Saya mendapatkan sebuah tulisan yang dimuat dalam sebuah forum. Yang menarik adalah posting ini mengemukakan tentang fakta yang benar-benar mencengangkan tentang dampak Letusan Gunung Krakatau.

Si Penulis menemukan sebuah peta yang dibuat oleh Raffles, saat ia membaca buku-buku CCCL (Pusat Studi Bahasa Perancis di Surabaya). Buku yang berjudul “History of Java” ini dibuat tahun 1817. Bukunya terdiri dari 2 volume yang Isinya tentang detil2 peradaban Jawa serta sejarah2nya.

Di buku itu terdapat gambar peta pulau Jawa yang dibuat dengan amat detil dengan gambar tangan yang berkualitas tinggi. Nama-nama daerah beserta batas-batas karesidenan Jawa pada tahun 1817 (ada Kedu, Charibon, Priangenesche, Blambangan, Pasoeroean, dll) sudah terdapat dalam peta tersebut, setelah mengamati detil-detil gambarnya, Ia terkejut melihat garis pantai sebelah barat Banten yang sangat amat berbeda dengan garis pantai barat Banten sekarang..!!

Untuk melihat perbedaannya, berikut ini adalah peta perbandingan hasil capture Google Map dengan Peta buatan Raffles yang dibuat tahun 1817 ini.

Click untuk memperbesar

Click untuk memperbesar

Pastinya kita sudah tahu bahwa Tsunami after impact Ledakan Krakatau pernah meluluhlantakkan pesisir barat Banten, namun kita sering disuguhi oleh gambar peta masa kini (setelah 1883), sehingga kita tidak pernah tahu peta Pesisir Banten sebelum tahun tersebut. Sehingga kita pun jadi tahu betapa dahsyat impactnya terhadap fisik pulau Jawa sampai sekarang.

Detil Penjelasan: Ujung Kulon dahulu belum seperti sekarang, masih tergabung mantab dengan pulau Jawa, bandingkan dengan Ujung Kulon sekarang yang hampir habis leher garis pantainya hingga hampir menjadi sebuah pulau terpisah.

Lalu pada Pesisir barat Banten terdapat semenanjung yang menyerupai cula badak pada peta 1817, bandingkan dengan peta sekarang, semenajung tersebut sama sekali hilang.

Ini Peta Lengkapnya : Click untuk memperbesar...

0 komentar:

Posting Komentar

pengen AXIS gak usah RASIS

Powered By Blogger

Tags

Categories

Baca Juga Yang Lain

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...