Sabtu, 06 November 2010

Gunung Bawah Laut

Posted by Asep Komaru 20.20.00, under | No comments

Hawaii's Mauna Kea atau Gunung Puncak Putih, berukuran 16.400 m (47.000 kaki) dari dasar ke puncak,itu gunung berapi bawah laut dengan kapasitas ke luarnya magma mencapai 75%/tahunnya.

Sama seperti tinggi Mauna Kea, kedalaman dengan 10.000 m (33.500 kaki) di bawah permukaan laut, letusan gunung berapi bawah laut sering terjadi tanpa disadari.

Karena tanda-tanda biasa seperti gemuruh dan asap lebih sulit untuk mendeteksi, semua lebih spektakuler ketika sebuah gunung berapi bawah laut terlihat meletus.

Ikuti di bawah ini Gunung berapi Bawah Laut di seluruh dunia yang juga menjadi tempat wisata yang paling menakjubkan.

Diperkirakan bahwa saat ini ada 5.000 gunung berapi aktif di bawah air di seluruh dunia; dari berbagai ukuran, berdiri sendiri atau membentuk pegunungan dengan gunung berapi lainnya, di mana yang tertinggi akan naik di atas permukaan sebagai pulau.

Bagian terendam dari Kepulauan Hawaii, misalnya, adalah salah satu pegunungan vulkanik terbesar dan terpanjang - panjangnya lebih dari 2.400 km (1.500 mil), celah bawah air di permukaan bumi, gunung berapi yang paling bawah laut terletak dekat bidang pergerakan lempeng tektonik, seperti halnya gunung berapi Clusters darat sehingga lahan subur menunjukkan aktivitas gunung berapi bawah laut juga, seperti tempat-tempat yang digambarkan di sini sekitar Hawaii, California, Islandia, Jepang, Selandia Baru, Karibia dan Antartika.

Molokini Kawah (di atas) di Maui County, Hawaii adalah berbentuk bulan sabit "pulau" populer dengan penyelam scuba, perenang snorkel dan burung laut sama, tetapi digunakan untuk menjadi kawah, sepenuhnya bulat vulkanik.

Satu hanya bisa membayangkan gunung berapi bawah laut di masa jayanya, membentuk pulau-pulau baru beberapa melalui Rock eruption. Morro di California merupakan bagian dari serangkaian sumbat vulkanik yang dikenal sebagai "Nine Sisters," diciptakan lebih dari 20 juta tahun yang lalu.

Ledakan gunung berapi bawah laut yang dibuat Morro Rock, sepotong raksasa lava, sekali di kontak dengan air laut, membentuk kerak solid dan menetap di leher gunung berapi, mirip dengan gabus yang menyumbat di leher botol Champagne-ledakan seperti itu tidak dapat diharapkan sebagai gunung berapi tidak aktif, batu itu bernama "El Morro" (kerikil) oleh penjelajah Portugis pada abad ke-16 ketika kawah gunung berapi masih terlihat, sampai saat ini, erosi terus membentuk Morro Rock.

Morro Rock, CA, Diagram di atas menunjukkan bagaimana lahar gunung berapi kapal selam, abu dan puing-puing dapat menetap di atasnya, sehingga meningkatkan puncaknya, sering di atas permukaan laut.

Atau, sebuah batu besar atau bagian dari lava dapat terlihat dalam kawah gunung berapi, setelah semua tekanan telah dirilis Dalam beberapa kasus, letusan gunung berapi membentuk pulau baru, misalnya pulau Surtsey di Islandia!.

Berikut gambar dari letusan gunung berapi bawah laut (kiri) pada bulan November 1963 yang dimulai 130 m di bawah permukaan laut, dan Surtsey September 2010 (kanan). Pulau ini, menjadi yang termuda, adalah obyek studi yang ideal untuk ahli geologi, ahli botani dan biologi dan telah dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Surtsey diciptakan, Islandia adalah negara yang melihat letusan gunung berapi bawah laut sporadis. Heimaey, pulau terbesar dari kepulauan Vestmannaejyar, memiliki aktivitas paling spektakuler gunung berapi pada tahun 1973, ketika lava dari Eldfell (Gunung Api) gunung berapi mengancam akan memblokir pelabuhan Heimaey's.

Gunung berapi, di sini terlihat di timur laut pulau itu, jelas hanya tampak seperti puncak gunung es - atau lebih tepatnya gunung - meninggalkan satu untuk berspekulasi berapa banyak lagi terletak di bawahnya.

Eldfell gunung berapi, Heimaey pulau, Islandia. Ini adalah gambaran dari letusan gunung berapi bawah laut di Samudera Pasifik di dekat pulau Iwo Jima Jepang pada bulan Juli 2005. Seorang anggota tentara Jepang ditempatkan di pulau itu telah memperingatkan pihak berwenang setelah melihat 1-km (3.280 kaki) adanya kolam uap.

Di bawah gunung berapi air dekat pulau Iwo Jima, Jepang. Berikut gambar lain menunjukkan letusan melingkar dan berbagai aliran uap keluar.

Gunung berapi Brothers adalah bagian dari Arc Kermadec aktif, 400 km timur laut Selandia Baru, dan terletak 1.850 m di bawah permukaan laut. Menakjubkan adalah kaldera gunung api bawah laut's 3-km-lebar, sebuah kawah besar disebabkan oleh ledakan gunung berapi dengan 300 untuk dinding 500-m-tinggi, yang dibentuk 37.000 untuk 51.000 tahun yang lalu.

3-D diagram gunung berapi Brothers, Kermadec Arc (sepanjang 400 km timur laut Selandia Baru)

Healy Volcano merupakan gunung api bawah laut besar di punggungan Kermadec: Mungkin penangkapan paling spektakuler dari sebuah letusan gunung berapi bawah laut adalah bahwa dari NW-Rota 1 di selatan dasar laut Jepang pada April 2006, ketika Woods Hole Oceanographic Institution's (WHOI) bawah kendaraan jason menangkap letusan pada kamera selama pemeriksaan rutin.

Sebelum hari itu, para ilmuwan belum pernah begitu dekat ke gunung api bawah laut meletus, biarkan rekaman audiovisual saja mengambil, WHOI pemimpin ekspedisi Will mengatakan “There were some scary moments. There was a significant amount of gas coming up out of the pit. You could only imagine what it would have been like at the surface, if it wasn’t under that kind of pressure (from the tons of seawater above). It would have been huge. You wouldn’t have been able to stand anywhere near it. …The common reaction was, ‘Are you sure you should be here?',”NW-Rota 1, dasar laut selatan Jepang.

Kick 'em Jenny adalah nama sebuah gunung berapi aktif bawah air di Laut Karibia, sekitar 8 km utara Grenada. Antara 1939, letusan pertama yang tercatat gunung berapi, dan 2001 terakhir, dikatakan bahwa ada 12 letusan lebih lanjut. Saat ini, ada zona aman 5-km di sekitar gunung berapi untuk mencegah perenang snorkel petualang dan penyelam scuba.

Kick 'em Jenny, Karibia dasar laut, dinginnya Antartika adalah rumah untuk api vulkanik. Berikut adalah gambar dari Selat Bransfield dengan Brunow Bay dan Pulau Livingston di latar depan dan Semenanjung Antartika di latar belakang.

Selat Bransfield wilayah tanah vulkanis bawah laut, Antartika. Siapa yang akan menduga bahwa di bawah permukaan tenang seperti menunggu sebuah gunung api bawah laut, yang sangat menakutkan.


Dan "last but not least" rekonstruksi keren tentang bagaimana kapal dapat mengukur luas permukaan tinggi dan gunung berapi bawah laut. (sakti, sumber Expedition Underwater Volcanoes/Woods Hole Oceanographic Institution’s)

Gunung Api Bawah LautGunung Api Bawah LautGunung Api Bawah LautGunung Api Bawah LautGunung Api Bawah LautGunung Api Bawah LautGunung Api Bawah LautGunung Api Bawah LautGunung Api Bawah LautGunung Api Bawah LautGunung Api Bawah LautGunung Api Bawah Laut

0 komentar:

Posting Komentar

pengen AXIS gak usah RASIS

Powered By Blogger

Tags

Categories

Baca Juga Yang Lain

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...